Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai

Schizophrenia

Did you ever hear about schizophrenia?

Depression, hallusination, delusion

Schizophrenia atau skizofrenia adalah gangguan kejiwaan dimana penderita sering mengalami halusinasi, delusi, dan acap kali mendengar bisikan-bisikan.

Dimana kah bisikan itu berasal? Tentu berasal dari isi pikiran si penderita. Biasanya penderita gangguan ini sering merasakan was-was, curiga berlebihan, berpikir lambat, berperilaku abnormal, dan sulit untuk tertidur sehingga otaknya tidak bisa berhenti berpikir.

Bukan tanpa alasan, menurut studi kesehatan para penderita schizophrenia ini mempunyai hormon otak yang tidak seimbang, atau lebih tepatnya kekurangan hormon dopamine yang dimana hormon ini mempengaruhi emosi dan rasa bahagia manusia.

Para penderita penyakit ini sering kali menarik diri dari lingkungan masyarakat, terkadang bisa bertingkah agresif dan membahayakan sekitar apabila kambuh dan tidak didampingi oleh caregiver atau keluarga penderita.

Selain itu faktor penyebabnya juga bisa berasal dari trauma masa lalu, depresi berat, minim ekonomi, dan riwayat genetik keluarga.

Happy family

Apa yang mereka butuhkan? Pendampingan dan perhatian dari keluarga yang bersangkutan. Jangan sampai anda sebagai keluarga dan caregiver sampai lepas tangan dari si penderita. Karena yang mereka butuhkan adalah kasih sayang dan perhatian, meskipun acap kali ketika kambuh mereka akan berperilaku kasar, menyakiti, bahkan membahayakan. Jika anda ingin penderita sehat kembali meskipun butuh waktu bertahun-tahun, rawatlah dia dan ajaklah dia menuju psikiater.

Dokter akan memberikan obat yang dapat menyembuhkan pasien, meskipun tidak 100% sembuh begitu saja, perlu waktu bertahun-tahun dan kemauan dari si penderita untuk sembuh. Maka tidak ada yang tidak mungkin penderita bisa sehat kembali. Obat yang diberikan paling tidak akan meminimalisir agar pasien tidak kambuh. Karena setelah meminum obatnya akan membuat efek mengantuk yang sangat berat. Sehingga penderita dapat beristirahat dan tidak terus berpikir dan mengalami halusinasi, curiga berlebihan.

*gambar obat hanya ilustrasi

Trihexyphenidyl HCl 2 mg, dan Quentiapine Fumarate 300 mg adalah obat yang sepemahaman saya diberikan kepada pasien penderita schizophrenia. Tentu mungkin bisa saja akan berbeda, sesuai kondisi dan keadaan penderita, bahkan dosisnya. Hati-hati obat ini hanya bisa anda dapatkan atas resep dokter dan tidak sembarangan. Sayangi penderita dan terus semangati dia. Salam sehat!

Terima kasih sudah membaca blog saya @nouveauaorixe di aorixeexel semoga bermanfaat.